Kamis, 18 Januari 2018

Cara Agar Diterima kerja di Perusahaan Tambang. Mudah Dan Umum Dipakai




MAU KERJA DI PERUSAHAAN TAMBANG, TAPI TIDAK TAU CARANYA


Postingan kali ini membahas tentang cara bisa diterima di perusahaan pertambangan.

Bekerja di perusahaan pertambangan adalah impian banyak orang, Karena selain gaji yang menggiurkan, juga fasilitas dan tunjagan yang lumayan.

untuk kita yang sudah lama kerja di prusahaan pertambangan mungkin sudah tidak merasa sulit lagi untuk loncat sana sini pindah perusahaan. nah, bagaiman dengan orang yang baru kepengen kerja di perusahaan pertambangan? pasti berpikir:
Dimana saya harus melamar?
Bagaimana saya bisa diterima?

Dimana saya harus melamar?

1. Cari kenalan, teman, kerabat atau saudara yang kerja di perusahaan pertambangan, barangkali mereka bisa merekomendasikan kita. ini cara yang umum sih tapi masih ampuh sampai sekarang.

2. kalau kita tidak mempunya teman atau kerabat, atau mungkin mau berusaha sendiri, coba buka situs lowongan kerja yang biasanya dipakai perusahan pertambangan, contohnya Petromindo, Lowongan Kerja Kaltim, atau ke website perusahaannya langsung contoh PT. Thiess, PT. Petrosea, atau perusahaan apa saja yang diinginkan. tapi ini dikhususkan bagi yang sudah punya keahlian tertentu, karena untuk bersaing masuk di perusahaan bukanlah perkra yang mudah, 

Dan untuk yang belum memiliki keahlian atau pengalaman khususnya yang baru lulus sekolah, disarankan untuk mengikuti program magang, karena jaman sekarang banyak sekali perusahaan yang membuka kesempatan magang dengan ikatan dinas, sekolah gratis bahkan sekolah sambil digaji. dan untuk mengetahui adanya lowongan magang caranya sama dengan membuka situs lowongan kerja  diatas.

Bagaimana saya bisa diterima?

1. Cari keahlian dan pengalaman di duar, ini akan membantu kita untuk memiliki dasar. contohnya, jika kita mau melamar mekanik, cari pengalaman di bengkel di luar, atau jika mau melamar operator, minimal punya sim dan coba cari refrensi di luar untuk belajar alat berat atau kendaraan tambang. walaupun bukan pengalaman dari perusahaan pertambangan tapi setidaknya bisa membantu dalam proses seleksi.

2. Lihat semua kriteria pada lowongan kerja tersebut, pastikan semua persyaratan terpenuhi.

3. Buat CV " Daftar riwayat hidup" yang menarik, jangan asal-asalan karena tahap pertama dalam seleksi adalah seleksi berkas, apabila tahap 1 dan 2 sudah gagal jangan berharap bisa di proses. yang ada  berkes kita di singkirkan. 

4. ketika di panggil interview, jangan gugup, dan ceritakan kelebihan kita dan tunjukan keinginan kita untuk bisa begabung di perusahaan itu. karena perusahaan bukan mencari orang pintar tapi orang yang mau  kerja dan mau belajar.

5. jaga kesehatan dan fisik kita. salah satu syarat untuk bisa diterima di perushaan adalah lulus Medical Check Up, maka dari itu apabila kita niat untuk kerja di perusahaan kita harus jaga kesehatan aga pada saat MCU kita dinyatakan FIT. karena kalau dalam hal ini gagal, sepintar apapun kita pasti tidak bakalan diterima.

Selamat Mencoba, 



2 komentar: